
Bank Shinhan Indonesia menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan tanggung jawab sosial dengan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertema pelestarian lingkungan di Kampung Kongsi, Kampung Ramah Lingkungan Awi Iuh, RW 07, Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Kegiatan CSR yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Cisarua ini dihadiri oleh 44 karyawan, termasuk Presiden Direktur Bank Shinhan Indonesia Koo Hyunghoe, jajaran Direksi, serta perwakilan masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan, memperkuat kolaborasi antara sektor swasta dan komunitas lokal, serta membangun semangat kepedulian terhadap alam melalui aksi nyata.
Rangkaian kegiatan dimulai dengan plogging, yaitu kegiatan bersih-bersih lingkungan sambil berolahraga selama satu jam. Pegawai Bank bersama warga mengumpulkan dan memilah sampah organik dan non-organik untuk menunjukkan pentingnya pengelolaan sampah sehari-hari. Setelah kegiatan, Bank menyerahkan bantuan berupa empat unit bank sampah, 20 set perlengkapan plogging, 20 buku anak bertema lingkungan, dan satu rak buku untuk taman baca masyarakat. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Koo kepada Ketua RW 07 Novita disaksikan oleh warga dan perwakilan pemerintah daerah.
Bank Shinhan mendirikan bank sampah — sistem pengelolaan sampah berbasis komunitas yang memungkinkan warga menyimpan, menukar, dan menggunakan kembali material daur ulang — sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendukung ekonomi sirkular yang ramah lingkungan. “Di Bank Shinhan Indonesia, kami percaya bahwa keberlanjutan dimulai dari tindakan kecil yang dilakukan bersama-sama untuk membawa dampak besar. Melalui kegiatan CSR ini, kami ingin menginspirasi karyawan dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menyadari bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari pertumbuhan bersama,” ujar Presiden Direktur Bank Shinhan Indonesia, Koo Hyunghoe.
